Istilah multimedia berkenaan dengan penggunaan berbagai jenis/bentuk media secara berurutan maupun simultan dalam menyajikan suatu informasi.Merril et.al (1996: 168) memberikan pengertian multimedia merupakan kombinasi dari berbagai jenis media seperti teks, grafik, suara, animasi danvideo dalam aplikasi komputer. Pengertian yang sama diungkapkan oleh Steven Hackbarth (1996: 229) yaitu:
Multimedia is suggested as meaning the use of multiple media formats for the presentation of information, including texts, still or animated graphics,movie segments, video, and audio information. Computer-based interactivemultimedia includes hypermedia and hypertext. Hypermedia is a computer-based system that allows interactive linking of multimedia format information.

Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital, Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur – unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user, Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikandan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi danpelatihan dalam sistem e-learning.

Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir diseluruh aspek kegiatan.

Pada aplikasi multimedia CBT ini diharapkan akan membantu dalam tugas – tugas Bapedalda dalam mempersentasikan atau memvisualisasikan: teknik – teknik sampling, prosedur – prosedur, visualisai peralatan lab, teknik analisis laboratorium yang diikuti dengan aturan pemerintah dll, serta tentang pemahaman peran laboratorium lingkungan dalam menghasilkan data – data yang akurat, sehingga dapat memberikan informasi yang tepat bagi masyarakat yang membutuhkannya.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Pusat Penelitian Pengembangan Informatika dan Ilmu Komputer (PUSLITBANG INKOM) – LIPI dengan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup Daerah (BAPEDALDA) – Jawa Barat.

Definisi Multimedia

Multimedia terdiri dari dua kata “multi” artinya banyak, dan “media” sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media dalam Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.

>> Kategori Multimedia

Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut :

  1. Multimedia Content Production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll.) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
    • media teks
    • media audio
    • media video
    • media animasi
    • media graph / image
    • media interactivity
    • media spesial effect
  2. Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaintment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
    • TV
    • Radio
    • Film
    • Media Cetak
    • Musik
    • Game
    • Entertainment
    • Tutorial
    • ICT (Internet)

>> Karakteristik Multimedia

Multimedia juga mempunyai karakteristik, yaitu ada 2 bentuk :
1. Bentuk Linier : Sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite informasi ke yang lainnya.
2. Bentuk No Linier : Struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas, tidak oleh rute yang ditentukan.

TENTANG MULTIMEDIA

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.

Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Definisi multimedia menurut para ahli

  1. Menurut Vaughan (2008) : Multimedia merupakan kombinasi berbagai media kemudian disampaikan menggunakan komputer atau peralatan elektronik dan digital.
  2. Menurut Turban (2002) : Multimedia adalah kombinasi dari dua atau lebih media input atau output dari data, di mana media tersebut berupa audio (suara/ musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar.
  3. Menurut Robin dan Linda (2001) : Multimedia diartikan sebagai alat yang menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif dengan mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video.
  4. Menurut Najjar (1996) : Multimedia adalah penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video, dan animasi.
  5. Menurut Mc Cormick (1996) : Multimedia adalah kombinasi antara tiga elemen, yaitu : suara, gambar, dan teks.
  6. Menurut Rosch (1996) : Multimedia adalah kombinasi antara komputer dan video.

Sejarah singkat multimedia

Jika ditelusuri lebih jauh, multimedia memiliki histori yang cukup dalam. Sebelum Anda menggunakan teknologi multimedia ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu sejarah multimedia dari waktu ke waktu. Berikut penelusuran sejarah multimedia berdasarkan tahunnya.

• Istilah multimedia pada zaman dahulu berawal dari kegiatan teater tanpa menggunakan perangkat komputer. Pada saat itu pertunjukan yang menggunakan lebih dari satu medium sehingga disebut multimedia.
• Abad ke-15 an, Seorang tokoh Gutenberg dan Caxton memperkenalkan media cetak.
• 1862, Seorang Mathew Brady mengenalkan pameran fotografi ke publik.
• 1969 an, Mulai lahir Internet yang merupakan jaringan komputer dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, melalui proyek ARPA dengan mengembangkan jaringan bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).
• 1971, Munculnya Email oleh seorang insinyur Ray Tomlinson dalam proyek SNDMSG.
• 1976, tepatnya 1 April 1976, lahirlah teknologi Apple (perusahaan personal computer (PC) atau komputer pribadi yang mempopulerkan antarmuka pengguna grafis) yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak.
• 1983-1986, Knight Ridder mengenalkan sebuah digitalisasi dengan kemunculan Viewtron (proyek yang memberikan akses berita ke publik, sebelum disalurkan ke media cetak).
• 1987, Mulai muncul sistem multimedia dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple. Kemudian tahun 1989 ditandai juga dengan pengumuman IBM, adanya perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan Video Adapter Card PS/2.
• 1988, Berkembangnya World Wide Web (WWW) dengan memunculkan banyak pionir situs berita dari berbagai media online. Seperti: CNN, The Chicago Tribune, News & Observer.
• 1994, Koran Inggris (The Daily Telegraph) mengikuti tren teknologi dengan meluncurkan Electronic Telegraph (Koran berbasis daring pertama di Eropa). Semuanya masih berlanjut dengan pengembangan media-media berita.
• 1994, Diperkenalkannya Netscape oleh Jim Clark dan Marc Andreesen
• 1995, Muncul pengembangan aplikasi platform mandiri yaitu JAVA.
• 1995, Indonesia mengembangkan koran daring bernama Republika dan Kompas. Saat itu sudah banyak pengguna internet di Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan peluncuran Tempo Interaktif (konten berupa wawancara narasumber dan profil tokoh) pada tahun 1996.
• 1996, Kemunculan Microsoft dan Internet Explorer.
Untuk tahun ke depannya, teknologi multimedia semakin beragam dengan kemudahan akses internet dan banyaknya para pengembang.

Jenis – Jenis Multimedia

Berdasarkan namanya, Multimedia memiliki banyak kategori, karena jenisnya cukup bervariasi. Jika dilihat dari sarana penggunaan multimedia dibagi dua jenis, yaitu multimedia online (dengan koneksi jaringan) dan offline (tanpa koneksi internet). Kemudian untuk media penyajiannya juga dapat diklasifikasikan dengan beberapa jenis yaitu, media kertas, cahaya, suara, gambar, dan digital. pemahaman makna dari multimedia sendiri cukup juga kompleks. Berikut penjelasan singkatnya;

Kategori multimedia secara umum

  1. Multimedia Content Production (Produksi Konten Multimedia). Merupakan hasil produk multimedia yang diproses dari elemen-elemen berupa teks, audio, animasi, grafis, interaktif, dan video untuk menyajikan sebuah informasi.
  2. Multimedia Communication (Komunikasi Multimedia). Merupakan proses penggunaan media berupa media cetak, radio, televisi, internet yang bertujuan untuk menyampaikan atau mempublikasikan informasi.
    Jenis-jenis multimedia berdasarkan karakteristik
  3. Multimedia Interaktif. Merupakan jenis multimedia yang memberikan respon informasi kepada pengguna dengan navigasi. Contohnya: Game, Media Web, Pemutar Video, Program Aplikasi, CD Interaktif, Virtual Reality (VR), dan masih banyak lagi.
  4. Multimedia Linear. Jenis multimedia yang bersifat lurus (satu arah) yaitu bergerak tanpa ada kontrol dari pengguna. Beberapa contohnya yaitu, E-book, Film, Musik, Siaran Televisi, dan lainnya.
  5. Multimedia Hiperaktif. Jenis multimedia yang terstruktur dengan elemen yang bersangkutan yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan (link) dengan unsur multimedia yang tersedia. Misalnya, Website, WWW (Word Wide Web), Mobile Banking, Game Online, dan masih banyak lagi.
  6. Multimedia Kits. Merupakan kumpulan bahan pembelajaran yang melibatkan banyak media dengan sistem pengorganisasian dalam satu topik tunggal. Contohnya: CD-ROM, slides, audiotapes, videotapes, gambar diam, kaset audio, dan lainnya.

Fungsi dan Manfaat Multimedia

Secara umum, bidang multimedia memiliki peran penting dalam kehidupan saat ini. Hal ini juga mempengaruhi akal manusia untuk terus menciptakan teknologi baru yang lebih canggih seiring berjalannya waktu.

1. Berperan penting dalam dunia pendidikan. Multimedia digunakan dalam sistem pembelajaran untuk mempermudah penyampaian materi dan pembuatan media belajar guna membuka wawasan yang lebih luas.
2. Penyedia sarana informasi. Dengan teknologi informasi dan komunikasi penerimaan informasi dari satu orang ke orang lainnya lebih cepat dan efektif. Contohnya: media online, media sosial, dan sejenisnya.
3. Multimedia mendukung dunia bisnis. Sebuah perusahaan akan terpandang tinggi, ketika produk atau jasa yang dikemas bersifat informatif, interaktif, dan menarik. Contohnya: packaging produk, logo, branding, dan lain-lain.
4. Untuk sarana hiburan. Banyak sekali bidang hiburan yang diciptakan melalui multimedia. Contohnya, perfilman, media teater, konser musik, dan lainnya.
5. Untuk bidang kesehatan. Dalam bidang ini petugas kesehatan juga memanfaatkan teknologi multimedia sebagai alat bantu. Contohnya, teknologi untuk tekanan darah, teknologi melihat detak jantung, CT-Scan, media terapi, dan lainnya.
6. Sebagai wadah kreativitas. Bidang multimedia membantu kreator media untuk menyalurkan bakatnya. Sebut saja para konten kreator, freelance desain, Youtuber, dan lain sebagainya.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan, ragam fungsi dari bidang multimedia yang tentunya sangat aplikatif. Masih banyak sekali manfaat multimedia yang belum ter-ulas.

Pekerjaan bidang multimedia

  1. Interactive media designer (desainer media interaktif). Menciptakan tampilan dan nuansa keseluruhan dari berbagai produk komunikasi interaktif dengan menggunakan teks, data, grafik, suara, animasi, efek-efek visual, dan lainnya.
  2. Web designer. Sebuah profesi yang Handal dalam desain dan programming web. Kemampuan desain berperan untuk membuat antarmuka dan tampilan website, sedangkan programming untuk sistem website/ alur kerja suatu website.
  3. Animator. Seseorang yang bekerja dengan membuat animasi dari beberapa objek karakter berupa kartun, anime, tokoh game, animasi dan masih banyak lagi. Sebenarnya profesi multimedia ini saling berkaitan satu sama lainnya, karya animator dapat digunakan untuk produksi film, video, website, games, animasi, dan masih banyak lagi.
  4. Game modeler (pembuat game). Perancang model game dalam segi aturan, jalan cerita, karakter game, sistem permainan, dan juga properti.
  5. Illustrator. Seseorang yang memiliki profesi dalam mendesain ilustrasi berupa gambar visual dengan menggabungkan unsur seni desain dan kreativitas.
  6. Graphic designer. Seorang desainer grafis yang bertanggung jawab untuk menciptakan desain menggunakan perantara perangkat lunak grafis. Beberapa contoh yang dikerjakan oleh designer grafis yaitu, logo, poster, website, packaging, desain branding, dan lain sebagainya.
  7. Video dan audio editor. Membuat berbagai konten video dan audio dengan cara mengedit menggunakan program editing video dan audio.
  8. Fotografer dan video shooting. Seseorang yang bekerja menggunakan kamera untuk mendokumentasikan foto dan video, maupun pembuatan film.
  9. Office administrator. Profesi admin perkantoran juga dimudahkan dengan adanya software multimedia. Sebut saja software office yang berguna untuk mengolah data-data perusahaan.

Kesimpulan

Multimedia telah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern saat ini. Setiap harinya, manusia telah memanfaatkan dan menikmati teknologi multimedia seperti smartphone, komputer, televisi, dan sejenisnya yang mampu menampilkan video dan audio. Teknologi internet juga mempermudah manusia untuk mengakses berbagai layanan multimedia secara mudah dan instan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *