Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka: Membangun Disiplin Sejak Dini

Pelajari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum Merdeka untuk kelas 1 SD dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Artikel ini membahas tujuan, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam pembelajaran tentang aturan di rumah dan di sekolah.

Pendahuluan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan komponen penting dalam memastikan kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai rencana. Dalam Kurikulum Merdeka, pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel diterapkan untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik. Salah satu RPP yang relevan adalah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SD dengan topik Aturan di Rumah dan di Sekolah.

Tujuan Pembelajaran

RPP ini bertujuan untuk membantu siswa mengenali dan mematuhi aturan di lingkungan rumah dan sekolah. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa mampu:

  1. Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah.
  2. Menyebutkan contoh-contoh aturan tersebut.
  3. Menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan yang berlaku.

Indikator Pencapaian

Indikator pembelajaran meliputi:

  • Siswa mampu mengidentifikasi berbagai aturan di rumah dan di sekolah.
  • Siswa mampu menceritakan sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan tersebut.

Kegiatan Pembelajaran

Proses pembelajaran dalam RPP ini terdiri dari tiga tahap utama:

  1. Pendahuluan:
    • Guru membuka pelajaran dengan salam, memeriksa kehadiran siswa, dan memimpin doa. Kemudian, guru melakukan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya dan menghubungkannya dengan materi baru tentang aturan.
  2. Kegiatan Inti:
    • Siswa mengamati gambar yang menunjukkan aturan di rumah dan sekolah, kemudian berdiskusi dalam kelompok. Siswa menyebutkan aturan yang mereka kenal dan menceritakan contoh-contoh sikap mematuhi atau tidak mematuhi aturan tersebut. Guru juga memberikan soal untuk mengevaluasi pemahaman siswa.
  3. Penutup:
    • Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran, dan menutup dengan doa bersama. Guru juga memberikan tugas tambahan untuk dipelajari di rumah.

Penilaian dan Evaluasi

Evaluasi dalam RPP ini dilakukan melalui tiga pendekatan:

  • Penilaian Sikap: Pengamatan sikap siswa selama kegiatan pembelajaran, seperti kedisiplinan dan tanggung jawab.
  • Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis atau diskusi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap aturan yang telah dibahas.
  • Penilaian Keterampilan: Siswa membuat laporan tentang aturan di rumah dan sekolah.

Kesimpulan

Melalui RPP Kurikulum Merdeka, siswa diajarkan untuk memahami dan mematuhi aturan di rumah dan di sekolah. Dengan metode yang interaktif dan menyenangkan, pembelajaran ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membangun sikap disiplin dan tanggung jawab siswa sejak dini.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *